About this blog

Blog Diary seorang pemimpi :D
Isinya " Just a Simply Story " , cerita hari-hari dari seorang mompreneur yang bekerja dari rumah saja. Cerita penting dan tak penting dalam hari-hari yang kadang sibuk kadang juga ngga.

Enjoy !!

GOOGLE SEARCH

Dapatkan Berita Terbaru dari Bali Gift dan Bali Home SPA

Subscribe to bali-gift

Powered by us.groups.yahoo.com

Rabu, 02 Januari 2008

2008 - year "tight money policy"

Ya ..
aku memutuskan tahun 2008 sebagai tahunnya mengetatkan ikat pinggang-he2. Mungkin gamblangnya bisa dibilang jadi tahun mengurangi boros pengeluaran Rumah Tangga.

Berasa banget tahun lalu extra boros di meal yang disebabkan oleh karena malas masak. Breakfast kalo ga gorengan, nasi bungkus, nasi kuning - buat 2 orang ( aku ma suami ) - kali deh 30 hr. Lunch gitu juga ; sekalinya ke Tiara rasanya makan sederhanapun musti menguras kantong. Lom lagi kalo makan nasi padang, nasi pake seafood. Secara kantor kita tempatnya rada outbound yang susahnya cari makanan murah dan bersih. Malem ga beda .... kalo laper pasti ujung-ujungnya makan diluar. Pokoknya boros.

Pengeluaran boros Rumah Tangga lain juga terjadi di post belanja bahan mentah bulanan. Sebenernya aku sadar betul belanja fresh food buat kebutuhan dapur itu jauh lebih ekonomis belanja di pasar. Keluarin 50 rb, 2 kresek gede belanjaan bisa jadi punya kita. Sementara cabe yang biasa 500 perak di pasar kudu ngerogoh kocek 4x nya kalo belanja di supermarket. Cuman ya begitulah .. malas lagi yang menjadi kendala. Ujung-ujungnya pasti ke supermarket juga belanjanya. Hal lain juga yang kadang terjadi, bahan2 mentah itu seringnya jadi layu dikulkas tanpa sempat aku olah sama sekali.

Satu hal lain yang perlu "dikontrol" adalah penggunaan Kartu Kredit. Kadang aku tuh termasuk orang yang gatelan mo gesek CC saat tagihan jatuh tempo sebelumnya sudah terbayar. Kadang ga punya duit, p-d ngemall itungan CC dah aman buat digesek lagi ... parah ... he2 ; tapi yah itulah aku.

Mengetatkan ikat pinggang bukan berarti menjadikan kita kikir, namun lebih tepatnya mengatur keuangan dengan lebih bijak. Ya, itulah yang sedang aku upayakan. Aku udah punya buku petty cash untuk mencatat semua pengeluaran rumah tangga ( cieh ). Mudah2an ga hot hot chicken shit .... mudah2an .....

3 komentar:

Ocha mengatakan...

mama C-Lo pasar tuh surganya para mak-mak yang mo ngirit lho...aku sudah membuktikan..Btw aku link ya blog-mu

Yuliana-Fun mengatakan...

hohohohoho loh? kemaren kan udah.. panggang2 kan? hehehehe ^^
btw jadi resign ga sich mba? kok 2008 masi ngantor?

Rosa Puspasari mengatakan...

Waaaah sama deh mba, aku juga pengen banget mengetatkan ikat pinggang, selain pinggang beneran juga termasuk pengeluaran2 yang bejibun. Hihihi